Senin, 12 Maret 2012

Layakkah kita diCintai ?

KAHFI ( KAJIAN AKHWAT HIMAFI ) Yang dilaksanakan pada 03 maret 2012 di Lobi Auditorium Lt.3 FKIP Unsyiah


Assalamu'alaikum sahabat-sahabat semua..
Setiap orang pasti menginginkan agar dicintai oleh orang-orang disekitarnya, namun ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan dalam hal mencintai dan dicintai, hal yang penting itu adalah ketika kita ingin dicintai maka cintailah dahulu yang Maha mencintai, yaitu Allah SWT..

Ada beberapa kriteria wanita yang layak untuk dicintai, diantaranya:

  1. Menghidupkan Allah dalam jiwanya.  
Ketika kita ingin dicintai, maka cintailah dahulu yang Maha mencintai , karena sesungguhnya segala sesuatu itu adalah milik Allah , ketika rasa cinta itu kita nomor duakan untuk Allah maka segeralah mohon ampun. Jadi, tergantung manusia itu sendiri apakah ia layak untuk dicintai atau tidak.  
     2.  Ketika keimanan mendasari langkah hidup
Sebelum kita melakukan sesuatu , maka perbaharuilah niat kita . Segala sesuatu yang kita lakukan harus didasari karena Allah SWT, karena segala sesuatu yang kita lakukan dengan niat baik dan didasari karena Allah SWT, maka Insya Allah aktivitas yang kita lakukan akan dimudahkan olehNya.
     3. Tidak menjadikan kecantikan sebagai kebanggaan.
Hari ini banyak orang yang mempunyai wajah yang cantik, namun mereka tidak bersyukur , mereka malah menyombongkan dirinya karena mereka mempunyai wajah yang lebih menawan. Apalah arti cantik dimata manusia jika Allah pun tidak memandang kita. Allah tidak melihat kecantikan seseorang itu dari wajahnya, namun yang Allah lihat adalah hatinya. Kecantikan itu terpancar dari hati dan imannya.
     4. Memuja keimanan dan memilih kemuliaan akhlak.
Wanita yang layak dicintai senantiasa memuja keimanannya, dan kemuliaan akhlak akan menjadi mahkota yang senantiasa dia upayakan untuk memilkikinya.
     5.  Sikap rendah hati dan berpikir positif.
Sikap rendah hati sangat penting dimiliki oleh setiap manusia, wanita yang layak dicintai adalah wanita yang mempunyai sikap rendah hati. Wanita yang layak dicintai juga akan berpikir positif, ia akan selalu bersyukur baik dalam keadaan senang dan sedih. Selalu bersyukur atas apa yang Allah berikan untuknya.
      6. Senantiasa menghiasi hidupnya dengan bersyukur.
Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang selalu menanamkan rasa syukur dalam hidupnya, baik dalam susah maupun senang, karena satu keyakinan yaitu semua itu datangnya dari Allah.
      7. Berorienatsi masa depan (berpikir kedepan)
Wanitta yang layak dicintai akan menganggap masa lalu yang jelek dijadikan sebagai cermin agar tidak terulang kembali dan harus selalu untuk bertawakal.
      8. Tidak punya jiwa pendendam.
Apabila seorang wanita mempunyai jiwa pendendam, maka ia sudah menorehkan satu titik hitam pada hatinya yang putih.
       9. Memiliki jiwa yang tenang.
Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang tenang dalam menghadapi apapun yang terjadi dalam hidupnya. Ia percaya bahwa sikap tenang bisa membuat ia untuk mengambil keputusan yang baik untuk kedepannya. Wanita yang layak dicintai itu akan senantiasa berwudu, Shalat dan membaca Al-Quran agar hatinya tenang.
    10. Wanita yang menjaga auratnya.
Aurat bagi wanita itu bagaikan perhiasan, dan itu adalah sesuatu yang harus kita jaga dengan baik. Karena dengan menutup aurat kita bisa terjaga dari berbagai macam fitnah.
    11. Wanita yang taat beribadah.
Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang taat beribadah, selalu mendirikan shalat lima waktu, berpuasa, bersedekah dan amal-amal shaleh lainnya.
    12. Wanita yang amanah.
Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang menjalankan amanahnya dengan baik.
    13. Wanita yang istiqomah
Wanita yang layak dicintai juga harus istiqomah, yaitu konsisten dalam hal-hal yang baik.
    14. Wanita yang hidup untuk beramal kebaikan.
Hidup didunia ini hanyalah sementara, jika kita tidak menggunakan waktu didunia ini dengan sebaikn-baiknya maka sungguh sangat disayangkan. Maka lakukanlah perbuatan-perbuatan yang baik dalam hidupmu, yang memberi manfaat bagi dirimu sendiri dan orang lain. 
 ----------------------------------------------------------------------------------------------

Wallahua'lam bissawaf..
Semoga bermanfaat :)


4 komentar:

ceritadeptemberdiniya mengatakan...

semoga kita menjadi wanita yang layak dicintai :)

ceritadeptemberdiniya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nayha mengatakan...

subhanallah,,,,, begitu indah jika qita bs mempantaskan diri untuk bisa dicintai

ceritadeptemberdiniya mengatakan...

aamiiiiin ...